PROFILE COMPANY

  1. Profile

ABI mainan edukasi adalah: Perusahaan yang bergerak di bidang produksi mainan anak. Khusunya pada pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Perusahaan ini didirikan atas dasar kepentingan kami pada pendidikan generasi Islam yang saat ini banyak diwarnai konsep sekuler. Konsep tersebut akan berdampak negative terhadap generasi Islam di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada produk mainan.

Kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat. Anak tidak melewati fase bermain yang merupakan bagian dari masa pertumbuhan. Fase tersebut harus menjadi agar anak mendapatkan input yang baik.

Saat ini, sebagian besar produsen mainan anak banyak memproduksi mainan kesenangan belaka, tanpa mempertimbangkan aspek pendidikan apalagi Agama. Oleh karena itu diperlukan mainan alternative yang dapat mendekatkan generasi Islam kepada nilai-nilai Islam.

Kenapa bahasa Arab?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Salah satu cara agar anak dekat dengan Al-Qu’an adalah dengan mengenalkan bahasa Arab lebih dini. Mainan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menstimulus anak agar termotivasi agar anak belajar dan menyukai bahasa Arab di kemudian hari. Selain itu permainan yang diproduksi ABI dapat mempopulerkan bahasa Arab di tengah-tengah masyarakat dan dunia.

  1. Produk

        1. Puzzle Spon Hijaiyyah

Puzzle Spon Hijaiyyah adalah mainan yang dibuat untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Keunggulan mainan ini adalah dapat melatih motorik halus dengan praktek bongkar pasang. menyesuaikan tempat letak huruf, membuat pola, melatih kinestetik anak, yaitu dengan merasakan bagaimana bentuk huruf Hijaiyyah.

Selain itu dapat mengenalkan warna kepada anak.

Ukuran : 31x 20 x 1 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp. 35.000,-

Isi : Empat keeping huruf Alif - Ya

        1. Puzzle Spon Allah dan Muhammad

Puzzle Spon Allah dan Muhammad adalah permainan bongkar pasang yang dapat melatih motorik halus sekaligus memperkenalkan Asam Allah dan Rasull-Nya. Mainan ini dapat juga ditempel di dinding atau di pasang di meja belajar sebagai hiasan.

Ukuran : 20 x 21 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp.14.500,-

Isi : 2 keping huruf Allah dan Muhammad

        1. Puzze Karton Hijaiyyah

Produk ini merupakan alternative bentuk dari permainan huruf Hijaiyyah, anak dapat memiliki mainan yang mendidik dengan harga yang terjangkau. Kualitas menjadi keutamaan produk ini.

Ukuran : 24x 16 cm

Umur : 3 – 5 Tahun

Harga : Rp.16.000,-

Isi : Dua keping Alip - Ya

        1. Puzzle Anka Arab

Dengan permainan bongkar pasang ini dapat belajar mengenal angka arab dari astu sampai sepuluh. Disain mainan ini sesuai citra rasa anak yang suka dengan keceriaan.

Ukuran : 24 x 16 cm

Pilihan warna : Orange dan ungu

Umur : 3 – 5 tahun

Isi : Satu keping






        1. Puzzle Hijaiyyah Bersambung

Permainan menyusun kata dalam bahasa Arab dengan menggunakan potongan hurup Hijaiyyah yang dapat disambung.

Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kosa kata dalam bahasa Arab, mengenal warna-warna, dan melatih motorik halus. Warna hurup dikategorikan berdasarkan tempat letaknya hurup, hurup yang berdiri sendiri dikatagorikan warna biru muda, Hurup sambung awal dikatagorikan warna merah, Hurup sambung tengan dikatagorikan dengan warna hijau, hurup sambung akhir dikategorikan dengan warna kuning, sedangkan untuk harokat dan titik dikatagorikan dengan warna merah muda.


Ukuran : Model Prototype

Matrial : Plastik bermagnet

Harga : Rp. 25.000.00,-

        1. Puzle Kayu Dzikrullah

Mengingat Allah setiap waktu, bertasbih kepadanya, bertakbir kepadanya, karena dengan hanya mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Begitulah pesan yang ingin disampaikan puzzle dzikrullah ini.


Ukuran : 29 x 21 cm

Umur : 5 tahun keatas

Harga : Rp. 26. 000,-

Isi : Satu keping


  1. Strategi Pemasaran

Dalam segi pemasaran perusahaan kami yang bergerak dalam bidang Edu Toys, kami berupaya bagaimana supaya produk kami lebih cepat dikenal oleh sasaran yang kami tuju, kami menggunakan media berbentuk Liflet, mendirikan Stand, media internet, dan langsung personal selling.

        1. Liflet

Liflet merupakan amunisi marketing yang sangat efektif. Karena liflet mudah dibagikan, dengan demikian informasi akan cepat tersebar luas. Dengan liflet masyarakat akan mudah memahami maksud dan tujuan kita, karena liflet merupakan media visual. Dengan disain yang menarik serta penyebarannya yang tepat, kami yakin strategi akan berhasil.

Liflet yang kami buat berukuran 25x17 cm, bolak-balik, dan full color biar menarik. Anggaran kami Rp. 400.000,- untuk satu rim pembuatan. Kami rencanakan tiga kali penyebaran enam bulan sebanyak satu rim.

Sasaran penyebaran liflet :

  1. Sekolah : SD, TK dan Play Group se Jogja.

  2. Pameran buku.

  3. Pengajian Majlis Taklim.

  4. TPA

  5. Taman pintar


        1. Kartu Nama

Pembuatan kartu nama, walupun sepele tetapi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang marketing dan sangat menunjang dalam pemasaran. karena kartu nama merupakan media yang memungkinkan untuk disimpan dan cukup lama disimpan orang. Berbeda dengan brosur atau pamphlet yang mudah dibuang orang.

Biaya yang kami anggarkan sebesar Rp. 22.000,- x 3 : Rp. 66.000,-


3. Stand Pameran

Dalam rangka mengenalkan produk kami di masyarkat, sekaligus juga lounching produk. Maka kami kami akan berpatisifasi dalam pameran dengan menyewa sebuah stand. Sebagai contoh pameran di Wanita tama. Baik itu pameran Muslim Fair, pameran buku, juga pameran dalam rangkaian acara ormas. Kami merencanakan mengikuti pameran tiga kali dalam setahun.

Kami memilih sarana pemasaran ini, karena mengingat setiap penyelenggaraan pameran selalu diramaikan pengunjung. Baik itu pengunjung yang benar-benar membeli barang, pengunjung yang mencari peluang bekerjasama bisnis, bahkan pengunjung yang sekedar main saja.

Biaya yang kami anggarkan adalah untuk berartisifasi dalam pameran adalah Rp. 2.500.000,- dalam setiap pamerannya.



4. Internet

Fasilitas internet merupakan media yang sangat cocok dan tepat sebagai media promosi, karena di sini terdapat semua informasi yang diinginkan, oleh karena itu kami perusahaan dalam bidang Edu Yoys, masih menggunakan Blog dalam pemasaran seperti Bloger.

5. Personal Selling.

Dalam hal personal selling ini, kami langsung memasarkan pada sasaran kami yaitu, sekolah SD, TK dan Play group, disini kami langsung memperkenalkan produk kami, secara detil, dengan beinteraksi langsung kepada muridd-murid dan guru pada sekolah yang kami kunjungi, dalam pemasaran kami, system langsung personal selling sangat memberikan kontribusi yang memuaskan terhadap kami.


6. Outlet Penjualan

Dalam hal ini kami belum mempunyai show room atau toko sendiri. Dikarenakan biaya dan usia perusahaan kami yang masih baru. Oleh karenanya untuk pemasaran produk kami bekerjasama dengan outlet-outlet yang berada di Jogjakarta.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label, dengan sistem penjualan Konsinyasi.


Daftar rencana outlet penjualan :

  1. Nada Nurani

  2. Pamela Swalayan

  3. Karita

  4. Toga Mas

  5. Rabbani



7. Agen Distributor.

Dalam rangka meluaskan pemasaran produk kami, maka kami membuka peluang kerjasama dengan para agen distriburor yang ingin memasarkan produk kami di luar Jogja.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label.

Untuk rekrutmen agen distributor, kami menerima siapa saja yang mau menjadi agen. Dengan mengikuti perjanjian dan persyaratan kami.

Penutup.

Demikianlah rancangan komunikasi bisnis, yang kami bangun untuk memperkenalkan produk kami yang berperan di bidang Edu Toys, di tengah-tengah pasar, dengan tujuan untuk, pendidikan generasi Islam yang saat ini dan yang akan datang.

Karena kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat.



Lampiran

  1. Produk-produk ABI

























  1. Liflet
















PROFILE COMPANY

  1. Profile

ABI mainan edukasi adalah: Perusahaan yang bergerak di bidang produksi mainan anak. Khusunya pada pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Perusahaan ini didirikan atas dasar kepentingan kami pada pendidikan generasi Islam yang saat ini banyak diwarnai konsep sekuler. Konsep tersebut akan berdampak negative terhadap generasi Islam di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada produk mainan.

Kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat. Anak tidak melewati fase bermain yang merupakan bagian dari masa pertumbuhan. Fase tersebut harus menjadi agar anak mendapatkan input yang baik.

Saat ini, sebagian besar produsen mainan anak banyak memproduksi mainan kesenangan belaka, tanpa mempertimbangkan aspek pendidikan apalagi Agama. Oleh karena itu diperlukan mainan alternative yang dapat mendekatkan generasi Islam kepada nilai-nilai Islam.

Kenapa bahasa Arab?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Salah satu cara agar anak dekat dengan Al-Qu’an adalah dengan mengenalkan bahasa Arab lebih dini. Mainan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menstimulus anak agar termotivasi agar anak belajar dan menyukai bahasa Arab di kemudian hari. Selain itu permainan yang diproduksi ABI dapat mempopulerkan bahasa Arab di tengah-tengah masyarakat dan dunia.

  1. Produk

        1. Puzzle Spon Hijaiyyah

Puzzle Spon Hijaiyyah adalah mainan yang dibuat untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Keunggulan mainan ini adalah dapat melatih motorik halus dengan praktek bongkar pasang. menyesuaikan tempat letak huruf, membuat pola, melatih kinestetik anak, yaitu dengan merasakan bagaimana bentuk huruf Hijaiyyah.

Selain itu dapat mengenalkan warna kepada anak.

Ukuran : 31x 20 x 1 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp. 35.000,-

Isi : Empat keeping huruf Alif - Ya

        1. Puzzle Spon Allah dan Muhammad

Puzzle Spon Allah dan Muhammad adalah permainan bongkar pasang yang dapat melatih motorik halus sekaligus memperkenalkan Asam Allah dan Rasull-Nya. Mainan ini dapat juga ditempel di dinding atau di pasang di meja belajar sebagai hiasan.

Ukuran : 20 x 21 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp.14.500,-

Isi : 2 keping huruf Allah dan Muhammad

        1. Puzze Karton Hijaiyyah

Produk ini merupakan alternative bentuk dari permainan huruf Hijaiyyah, anak dapat memiliki mainan yang mendidik dengan harga yang terjangkau. Kualitas menjadi keutamaan produk ini.

Ukuran : 24x 16 cm

Umur : 3 – 5 Tahun

Harga : Rp.16.000,-

Isi : Dua keping Alip - Ya

        1. Puzzle Anka Arab

Dengan permainan bongkar pasang ini dapat belajar mengenal angka arab dari astu sampai sepuluh. Disain mainan ini sesuai citra rasa anak yang suka dengan keceriaan.

Ukuran : 24 x 16 cm

Pilihan warna : Orange dan ungu

Umur : 3 – 5 tahun

Isi : Satu keping






        1. Puzzle Hijaiyyah Bersambung

Permainan menyusun kata dalam bahasa Arab dengan menggunakan potongan hurup Hijaiyyah yang dapat disambung.

Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kosa kata dalam bahasa Arab, mengenal warna-warna, dan melatih motorik halus. Warna hurup dikategorikan berdasarkan tempat letaknya hurup, hurup yang berdiri sendiri dikatagorikan warna biru muda, Hurup sambung awal dikatagorikan warna merah, Hurup sambung tengan dikatagorikan dengan warna hijau, hurup sambung akhir dikategorikan dengan warna kuning, sedangkan untuk harokat dan titik dikatagorikan dengan warna merah muda.


Ukuran : Model Prototype

Matrial : Plastik bermagnet

Harga : Rp. 25.000.00,-

        1. Puzle Kayu Dzikrullah

Mengingat Allah setiap waktu, bertasbih kepadanya, bertakbir kepadanya, karena dengan hanya mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Begitulah pesan yang ingin disampaikan puzzle dzikrullah ini.


Ukuran : 29 x 21 cm

Umur : 5 tahun keatas

Harga : Rp. 26. 000,-

Isi : Satu keping


  1. Strategi Pemasaran

Dalam segi pemasaran perusahaan kami yang bergerak dalam bidang Edu Toys, kami berupaya bagaimana supaya produk kami lebih cepat dikenal oleh sasaran yang kami tuju, kami menggunakan media berbentuk Liflet, mendirikan Stand, media internet, dan langsung personal selling.

        1. Liflet

Liflet merupakan amunisi marketing yang sangat efektif. Karena liflet mudah dibagikan, dengan demikian informasi akan cepat tersebar luas. Dengan liflet masyarakat akan mudah memahami maksud dan tujuan kita, karena liflet merupakan media visual. Dengan disain yang menarik serta penyebarannya yang tepat, kami yakin strategi akan berhasil.

Liflet yang kami buat berukuran 25x17 cm, bolak-balik, dan full color biar menarik. Anggaran kami Rp. 400.000,- untuk satu rim pembuatan. Kami rencanakan tiga kali penyebaran enam bulan sebanyak satu rim.

Sasaran penyebaran liflet :

  1. Sekolah : SD, TK dan Play Group se Jogja.

  2. Pameran buku.

  3. Pengajian Majlis Taklim.

  4. TPA

  5. Taman pintar


        1. Kartu Nama

Pembuatan kartu nama, walupun sepele tetapi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang marketing dan sangat menunjang dalam pemasaran. karena kartu nama merupakan media yang memungkinkan untuk disimpan dan cukup lama disimpan orang. Berbeda dengan brosur atau pamphlet yang mudah dibuang orang.

Biaya yang kami anggarkan sebesar Rp. 22.000,- x 3 : Rp. 66.000,-


3. Stand Pameran

Dalam rangka mengenalkan produk kami di masyarkat, sekaligus juga lounching produk. Maka kami kami akan berpatisifasi dalam pameran dengan menyewa sebuah stand. Sebagai contoh pameran di Wanita tama. Baik itu pameran Muslim Fair, pameran buku, juga pameran dalam rangkaian acara ormas. Kami merencanakan mengikuti pameran tiga kali dalam setahun.

Kami memilih sarana pemasaran ini, karena mengingat setiap penyelenggaraan pameran selalu diramaikan pengunjung. Baik itu pengunjung yang benar-benar membeli barang, pengunjung yang mencari peluang bekerjasama bisnis, bahkan pengunjung yang sekedar main saja.

Biaya yang kami anggarkan adalah untuk berartisifasi dalam pameran adalah Rp. 2.500.000,- dalam setiap pamerannya.



4. Internet

Fasilitas internet merupakan media yang sangat cocok dan tepat sebagai media promosi, karena di sini terdapat semua informasi yang diinginkan, oleh karena itu kami perusahaan dalam bidang Edu Yoys, masih menggunakan Blog dalam pemasaran seperti Bloger.

5. Personal Selling.

Dalam hal personal selling ini, kami langsung memasarkan pada sasaran kami yaitu, sekolah SD, TK dan Play group, disini kami langsung memperkenalkan produk kami, secara detil, dengan beinteraksi langsung kepada muridd-murid dan guru pada sekolah yang kami kunjungi, dalam pemasaran kami, system langsung personal selling sangat memberikan kontribusi yang memuaskan terhadap kami.


6. Outlet Penjualan

Dalam hal ini kami belum mempunyai show room atau toko sendiri. Dikarenakan biaya dan usia perusahaan kami yang masih baru. Oleh karenanya untuk pemasaran produk kami bekerjasama dengan outlet-outlet yang berada di Jogjakarta.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label, dengan sistem penjualan Konsinyasi.


Daftar rencana outlet penjualan :

  1. Nada Nurani

  2. Pamela Swalayan

  3. Karita

  4. Toga Mas

  5. Rabbani



7. Agen Distributor.

Dalam rangka meluaskan pemasaran produk kami, maka kami membuka peluang kerjasama dengan para agen distriburor yang ingin memasarkan produk kami di luar Jogja.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label.

Untuk rekrutmen agen distributor, kami menerima siapa saja yang mau menjadi agen. Dengan mengikuti perjanjian dan persyaratan kami.

Penutup.

Demikianlah rancangan komunikasi bisnis, yang kami bangun untuk memperkenalkan produk kami yang berperan di bidang Edu Toys, di tengah-tengah pasar, dengan tujuan untuk, pendidikan generasi Islam yang saat ini dan yang akan datang.

Karena kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat.



Lampiran

  1. Produk-produk ABI

























  1. Liflet





















PROFILE COMPANY

  1. Profile

ABI mainan edukasi adalah: Perusahaan yang bergerak di bidang produksi mainan anak. Khusunya pada pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Perusahaan ini didirikan atas dasar kepentingan kami pada pendidikan generasi Islam yang saat ini banyak diwarnai konsep sekuler. Konsep tersebut akan berdampak negative terhadap generasi Islam di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada produk mainan.

Kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat. Anak tidak melewati fase bermain yang merupakan bagian dari masa pertumbuhan. Fase tersebut harus menjadi agar anak mendapatkan input yang baik.

Saat ini, sebagian besar produsen mainan anak banyak memproduksi mainan kesenangan belaka, tanpa mempertimbangkan aspek pendidikan apalagi Agama. Oleh karena itu diperlukan mainan alternative yang dapat mendekatkan generasi Islam kepada nilai-nilai Islam.

Kenapa bahasa Arab?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Salah satu cara agar anak dekat dengan Al-Qu’an adalah dengan mengenalkan bahasa Arab lebih dini. Mainan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menstimulus anak agar termotivasi agar anak belajar dan menyukai bahasa Arab di kemudian hari. Selain itu permainan yang diproduksi ABI dapat mempopulerkan bahasa Arab di tengah-tengah masyarakat dan dunia.

  1. Produk

        1. Puzzle Spon Hijaiyyah

Puzzle Spon Hijaiyyah adalah mainan yang dibuat untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Keunggulan mainan ini adalah dapat melatih motorik halus dengan praktek bongkar pasang. menyesuaikan tempat letak huruf, membuat pola, melatih kinestetik anak, yaitu dengan merasakan bagaimana bentuk huruf Hijaiyyah.

Selain itu dapat mengenalkan warna kepada anak.

Ukuran : 31x 20 x 1 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp. 35.000,-

Isi : Empat keeping huruf Alif - Ya

        1. Puzzle Spon Allah dan Muhammad

Puzzle Spon Allah dan Muhammad adalah permainan bongkar pasang yang dapat melatih motorik halus sekaligus memperkenalkan Asam Allah dan Rasull-Nya. Mainan ini dapat juga ditempel di dinding atau di pasang di meja belajar sebagai hiasan.

Ukuran : 20 x 21 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp.14.500,-

Isi : 2 keping huruf Allah dan Muhammad

        1. Puzze Karton Hijaiyyah

Produk ini merupakan alternative bentuk dari permainan huruf Hijaiyyah, anak dapat memiliki mainan yang mendidik dengan harga yang terjangkau. Kualitas menjadi keutamaan produk ini.

Ukuran : 24x 16 cm

Umur : 3 – 5 Tahun

Harga : Rp.16.000,-

Isi : Dua keping Alip - Ya

        1. Puzzle Anka Arab

Dengan permainan bongkar pasang ini dapat belajar mengenal angka arab dari astu sampai sepuluh. Disain mainan ini sesuai citra rasa anak yang suka dengan keceriaan.

Ukuran : 24 x 16 cm

Pilihan warna : Orange dan ungu

Umur : 3 – 5 tahun

Isi : Satu keping






        1. Puzzle Hijaiyyah Bersambung

Permainan menyusun kata dalam bahasa Arab dengan menggunakan potongan hurup Hijaiyyah yang dapat disambung.

Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kosa kata dalam bahasa Arab, mengenal warna-warna, dan melatih motorik halus. Warna hurup dikategorikan berdasarkan tempat letaknya hurup, hurup yang berdiri sendiri dikatagorikan warna biru muda, Hurup sambung awal dikatagorikan warna merah, Hurup sambung tengan dikatagorikan dengan warna hijau, hurup sambung akhir dikategorikan dengan warna kuning, sedangkan untuk harokat dan titik dikatagorikan dengan warna merah muda.


Ukuran : Model Prototype

Matrial : Plastik bermagnet

Harga : Rp. 25.000.00,-

        1. Puzle Kayu Dzikrullah

Mengingat Allah setiap waktu, bertasbih kepadanya, bertakbir kepadanya, karena dengan hanya mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Begitulah pesan yang ingin disampaikan puzzle dzikrullah ini.


Ukuran : 29 x 21 cm

Umur : 5 tahun keatas

Harga : Rp. 26. 000,-

Isi : Satu keping


  1. Strategi Pemasaran

Dalam segi pemasaran perusahaan kami yang bergerak dalam bidang Edu Toys, kami berupaya bagaimana supaya produk kami lebih cepat dikenal oleh sasaran yang kami tuju, kami menggunakan media berbentuk Liflet, mendirikan Stand, media internet, dan langsung personal selling.

        1. Liflet

Liflet merupakan amunisi marketing yang sangat efektif. Karena liflet mudah dibagikan, dengan demikian informasi akan cepat tersebar luas. Dengan liflet masyarakat akan mudah memahami maksud dan tujuan kita, karena liflet merupakan media visual. Dengan disain yang menarik serta penyebarannya yang tepat, kami yakin strategi akan berhasil.

Liflet yang kami buat berukuran 25x17 cm, bolak-balik, dan full color biar menarik. Anggaran kami Rp. 400.000,- untuk satu rim pembuatan. Kami rencanakan tiga kali penyebaran enam bulan sebanyak satu rim.

Sasaran penyebaran liflet :

  1. Sekolah : SD, TK dan Play Group se Jogja.

  2. Pameran buku.

  3. Pengajian Majlis Taklim.

  4. TPA

  5. Taman pintar


        1. Kartu Nama

Pembuatan kartu nama, walupun sepele tetapi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang marketing dan sangat menunjang dalam pemasaran. karena kartu nama merupakan media yang memungkinkan untuk disimpan dan cukup lama disimpan orang. Berbeda dengan brosur atau pamphlet yang mudah dibuang orang.

Biaya yang kami anggarkan sebesar Rp. 22.000,- x 3 : Rp. 66.000,-


3. Stand Pameran

Dalam rangka mengenalkan produk kami di masyarkat, sekaligus juga lounching produk. Maka kami kami akan berpatisifasi dalam pameran dengan menyewa sebuah stand. Sebagai contoh pameran di Wanita tama. Baik itu pameran Muslim Fair, pameran buku, juga pameran dalam rangkaian acara ormas. Kami merencanakan mengikuti pameran tiga kali dalam setahun.

Kami memilih sarana pemasaran ini, karena mengingat setiap penyelenggaraan pameran selalu diramaikan pengunjung. Baik itu pengunjung yang benar-benar membeli barang, pengunjung yang mencari peluang bekerjasama bisnis, bahkan pengunjung yang sekedar main saja.

Biaya yang kami anggarkan adalah untuk berartisifasi dalam pameran adalah Rp. 2.500.000,- dalam setiap pamerannya.



4. Internet

Fasilitas internet merupakan media yang sangat cocok dan tepat sebagai media promosi, karena di sini terdapat semua informasi yang diinginkan, oleh karena itu kami perusahaan dalam bidang Edu Yoys, masih menggunakan Blog dalam pemasaran seperti Bloger.

5. Personal Selling.

Dalam hal personal selling ini, kami langsung memasarkan pada sasaran kami yaitu, sekolah SD, TK dan Play group, disini kami langsung memperkenalkan produk kami, secara detil, dengan beinteraksi langsung kepada muridd-murid dan guru pada sekolah yang kami kunjungi, dalam pemasaran kami, system langsung personal selling sangat memberikan kontribusi yang memuaskan terhadap kami.


6. Outlet Penjualan

Dalam hal ini kami belum mempunyai show room atau toko sendiri. Dikarenakan biaya dan usia perusahaan kami yang masih baru. Oleh karenanya untuk pemasaran produk kami bekerjasama dengan outlet-outlet yang berada di Jogjakarta.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label, dengan sistem penjualan Konsinyasi.


Daftar rencana outlet penjualan :

  1. Nada Nurani

  2. Pamela Swalayan

  3. Karita

  4. Toga Mas

  5. Rabbani



7. Agen Distributor.

Dalam rangka meluaskan pemasaran produk kami, maka kami membuka peluang kerjasama dengan para agen distriburor yang ingin memasarkan produk kami di luar Jogja.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label.

Untuk rekrutmen agen distributor, kami menerima siapa saja yang mau menjadi agen. Dengan mengikuti perjanjian dan persyaratan kami.

Penutup.

Demikianlah rancangan komunikasi bisnis, yang kami bangun untuk memperkenalkan produk kami yang berperan di bidang Edu Toys, di tengah-tengah pasar, dengan tujuan untuk, pendidikan generasi Islam yang saat ini dan yang akan datang.

Karena kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat.



Lampiran

  1. Produk-produk ABI

























  1. Liflet





















PROFILE COMPANY

  1. Profile

ABI mainan edukasi adalah: Perusahaan yang bergerak di bidang produksi mainan anak. Khusunya pada pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Perusahaan ini didirikan atas dasar kepentingan kami pada pendidikan generasi Islam yang saat ini banyak diwarnai konsep sekuler. Konsep tersebut akan berdampak negative terhadap generasi Islam di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada produk mainan.

Kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat. Anak tidak melewati fase bermain yang merupakan bagian dari masa pertumbuhan. Fase tersebut harus menjadi agar anak mendapatkan input yang baik.

Saat ini, sebagian besar produsen mainan anak banyak memproduksi mainan kesenangan belaka, tanpa mempertimbangkan aspek pendidikan apalagi Agama. Oleh karena itu diperlukan mainan alternative yang dapat mendekatkan generasi Islam kepada nilai-nilai Islam.

Kenapa bahasa Arab?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Salah satu cara agar anak dekat dengan Al-Qu’an adalah dengan mengenalkan bahasa Arab lebih dini. Mainan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menstimulus anak agar termotivasi agar anak belajar dan menyukai bahasa Arab di kemudian hari. Selain itu permainan yang diproduksi ABI dapat mempopulerkan bahasa Arab di tengah-tengah masyarakat dan dunia.

  1. Produk

        1. Puzzle Spon Hijaiyyah

Puzzle Spon Hijaiyyah adalah mainan yang dibuat untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Keunggulan mainan ini adalah dapat melatih motorik halus dengan praktek bongkar pasang. menyesuaikan tempat letak huruf, membuat pola, melatih kinestetik anak, yaitu dengan merasakan bagaimana bentuk huruf Hijaiyyah.

Selain itu dapat mengenalkan warna kepada anak.

Ukuran : 31x 20 x 1 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp. 35.000,-

Isi : Empat keeping huruf Alif - Ya

        1. Puzzle Spon Allah dan Muhammad

Puzzle Spon Allah dan Muhammad adalah permainan bongkar pasang yang dapat melatih motorik halus sekaligus memperkenalkan Asam Allah dan Rasull-Nya. Mainan ini dapat juga ditempel di dinding atau di pasang di meja belajar sebagai hiasan.

Ukuran : 20 x 21 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp.14.500,-

Isi : 2 keping huruf Allah dan Muhammad

        1. Puzze Karton Hijaiyyah

Produk ini merupakan alternative bentuk dari permainan huruf Hijaiyyah, anak dapat memiliki mainan yang mendidik dengan harga yang terjangkau. Kualitas menjadi keutamaan produk ini.

Ukuran : 24x 16 cm

Umur : 3 – 5 Tahun

Harga : Rp.16.000,-

Isi : Dua keping Alip - Ya

        1. Puzzle Anka Arab

Dengan permainan bongkar pasang ini dapat belajar mengenal angka arab dari astu sampai sepuluh. Disain mainan ini sesuai citra rasa anak yang suka dengan keceriaan.

Ukuran : 24 x 16 cm

Pilihan warna : Orange dan ungu

Umur : 3 – 5 tahun

Isi : Satu keping






        1. Puzzle Hijaiyyah Bersambung

Permainan menyusun kata dalam bahasa Arab dengan menggunakan potongan hurup Hijaiyyah yang dapat disambung.

Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kosa kata dalam bahasa Arab, mengenal warna-warna, dan melatih motorik halus. Warna hurup dikategorikan berdasarkan tempat letaknya hurup, hurup yang berdiri sendiri dikatagorikan warna biru muda, Hurup sambung awal dikatagorikan warna merah, Hurup sambung tengan dikatagorikan dengan warna hijau, hurup sambung akhir dikategorikan dengan warna kuning, sedangkan untuk harokat dan titik dikatagorikan dengan warna merah muda.


Ukuran : Model Prototype

Matrial : Plastik bermagnet

Harga : Rp. 25.000.00,-

        1. Puzle Kayu Dzikrullah

Mengingat Allah setiap waktu, bertasbih kepadanya, bertakbir kepadanya, karena dengan hanya mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Begitulah pesan yang ingin disampaikan puzzle dzikrullah ini.


Ukuran : 29 x 21 cm

Umur : 5 tahun keatas

Harga : Rp. 26. 000,-

Isi : Satu keping


  1. Strategi Pemasaran

Dalam segi pemasaran perusahaan kami yang bergerak dalam bidang Edu Toys, kami berupaya bagaimana supaya produk kami lebih cepat dikenal oleh sasaran yang kami tuju, kami menggunakan media berbentuk Liflet, mendirikan Stand, media internet, dan langsung personal selling.

        1. Liflet

Liflet merupakan amunisi marketing yang sangat efektif. Karena liflet mudah dibagikan, dengan demikian informasi akan cepat tersebar luas. Dengan liflet masyarakat akan mudah memahami maksud dan tujuan kita, karena liflet merupakan media visual. Dengan disain yang menarik serta penyebarannya yang tepat, kami yakin strategi akan berhasil.

Liflet yang kami buat berukuran 25x17 cm, bolak-balik, dan full color biar menarik. Anggaran kami Rp. 400.000,- untuk satu rim pembuatan. Kami rencanakan tiga kali penyebaran enam bulan sebanyak satu rim.

Sasaran penyebaran liflet :

  1. Sekolah : SD, TK dan Play Group se Jogja.

  2. Pameran buku.

  3. Pengajian Majlis Taklim.

  4. TPA

  5. Taman pintar


        1. Kartu Nama

Pembuatan kartu nama, walupun sepele tetapi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang marketing dan sangat menunjang dalam pemasaran. karena kartu nama merupakan media yang memungkinkan untuk disimpan dan cukup lama disimpan orang. Berbeda dengan brosur atau pamphlet yang mudah dibuang orang.

Biaya yang kami anggarkan sebesar Rp. 22.000,- x 3 : Rp. 66.000,-


3. Stand Pameran

Dalam rangka mengenalkan produk kami di masyarkat, sekaligus juga lounching produk. Maka kami kami akan berpatisifasi dalam pameran dengan menyewa sebuah stand. Sebagai contoh pameran di Wanita tama. Baik itu pameran Muslim Fair, pameran buku, juga pameran dalam rangkaian acara ormas. Kami merencanakan mengikuti pameran tiga kali dalam setahun.

Kami memilih sarana pemasaran ini, karena mengingat setiap penyelenggaraan pameran selalu diramaikan pengunjung. Baik itu pengunjung yang benar-benar membeli barang, pengunjung yang mencari peluang bekerjasama bisnis, bahkan pengunjung yang sekedar main saja.

Biaya yang kami anggarkan adalah untuk berartisifasi dalam pameran adalah Rp. 2.500.000,- dalam setiap pamerannya.



4. Internet

Fasilitas internet merupakan media yang sangat cocok dan tepat sebagai media promosi, karena di sini terdapat semua informasi yang diinginkan, oleh karena itu kami perusahaan dalam bidang Edu Yoys, masih menggunakan Blog dalam pemasaran seperti Bloger.

5. Personal Selling.

Dalam hal personal selling ini, kami langsung memasarkan pada sasaran kami yaitu, sekolah SD, TK dan Play group, disini kami langsung memperkenalkan produk kami, secara detil, dengan beinteraksi langsung kepada muridd-murid dan guru pada sekolah yang kami kunjungi, dalam pemasaran kami, system langsung personal selling sangat memberikan kontribusi yang memuaskan terhadap kami.


6. Outlet Penjualan

Dalam hal ini kami belum mempunyai show room atau toko sendiri. Dikarenakan biaya dan usia perusahaan kami yang masih baru. Oleh karenanya untuk pemasaran produk kami bekerjasama dengan outlet-outlet yang berada di Jogjakarta.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label, dengan sistem penjualan Konsinyasi.


Daftar rencana outlet penjualan :

  1. Nada Nurani

  2. Pamela Swalayan

  3. Karita

  4. Toga Mas

  5. Rabbani



7. Agen Distributor.

Dalam rangka meluaskan pemasaran produk kami, maka kami membuka peluang kerjasama dengan para agen distriburor yang ingin memasarkan produk kami di luar Jogja.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label.

Untuk rekrutmen agen distributor, kami menerima siapa saja yang mau menjadi agen. Dengan mengikuti perjanjian dan persyaratan kami.

Penutup.

Demikianlah rancangan komunikasi bisnis, yang kami bangun untuk memperkenalkan produk kami yang berperan di bidang Edu Toys, di tengah-tengah pasar, dengan tujuan untuk, pendidikan generasi Islam yang saat ini dan yang akan datang.

Karena kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat.



Lampiran

  1. Produk-produk ABI

























  1. Liflet





















PROFILE COMPANY

  1. Profile

ABI mainan edukasi adalah: Perusahaan yang bergerak di bidang produksi mainan anak. Khusunya pada pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Perusahaan ini didirikan atas dasar kepentingan kami pada pendidikan generasi Islam yang saat ini banyak diwarnai konsep sekuler. Konsep tersebut akan berdampak negative terhadap generasi Islam di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada produk mainan.

Kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat. Anak tidak melewati fase bermain yang merupakan bagian dari masa pertumbuhan. Fase tersebut harus menjadi agar anak mendapatkan input yang baik.

Saat ini, sebagian besar produsen mainan anak banyak memproduksi mainan kesenangan belaka, tanpa mempertimbangkan aspek pendidikan apalagi Agama. Oleh karena itu diperlukan mainan alternative yang dapat mendekatkan generasi Islam kepada nilai-nilai Islam.

Kenapa bahasa Arab?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Salah satu cara agar anak dekat dengan Al-Qu’an adalah dengan mengenalkan bahasa Arab lebih dini. Mainan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menstimulus anak agar termotivasi agar anak belajar dan menyukai bahasa Arab di kemudian hari. Selain itu permainan yang diproduksi ABI dapat mempopulerkan bahasa Arab di tengah-tengah masyarakat dan dunia.

  1. Produk

        1. Puzzle Spon Hijaiyyah

Puzzle Spon Hijaiyyah adalah mainan yang dibuat untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Keunggulan mainan ini adalah dapat melatih motorik halus dengan praktek bongkar pasang. menyesuaikan tempat letak huruf, membuat pola, melatih kinestetik anak, yaitu dengan merasakan bagaimana bentuk huruf Hijaiyyah.

Selain itu dapat mengenalkan warna kepada anak.

Ukuran : 31x 20 x 1 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp. 35.000,-

Isi : Empat keeping huruf Alif - Ya

        1. Puzzle Spon Allah dan Muhammad

Puzzle Spon Allah dan Muhammad adalah permainan bongkar pasang yang dapat melatih motorik halus sekaligus memperkenalkan Asam Allah dan Rasull-Nya. Mainan ini dapat juga ditempel di dinding atau di pasang di meja belajar sebagai hiasan.

Ukuran : 20 x 21 cm

Pilihan warna : Merah, kuning, hijau, biru muda coklat, biru tua.

Umur : 2-5 tahun

Harga : Rp.14.500,-

Isi : 2 keping huruf Allah dan Muhammad

        1. Puzze Karton Hijaiyyah

Produk ini merupakan alternative bentuk dari permainan huruf Hijaiyyah, anak dapat memiliki mainan yang mendidik dengan harga yang terjangkau. Kualitas menjadi keutamaan produk ini.

Ukuran : 24x 16 cm

Umur : 3 – 5 Tahun

Harga : Rp.16.000,-

Isi : Dua keping Alip - Ya

        1. Puzzle Anka Arab

Dengan permainan bongkar pasang ini dapat belajar mengenal angka arab dari astu sampai sepuluh. Disain mainan ini sesuai citra rasa anak yang suka dengan keceriaan.

Ukuran : 24 x 16 cm

Pilihan warna : Orange dan ungu

Umur : 3 – 5 tahun

Isi : Satu keping






        1. Puzzle Hijaiyyah Bersambung

Permainan menyusun kata dalam bahasa Arab dengan menggunakan potongan hurup Hijaiyyah yang dapat disambung.

Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kosa kata dalam bahasa Arab, mengenal warna-warna, dan melatih motorik halus. Warna hurup dikategorikan berdasarkan tempat letaknya hurup, hurup yang berdiri sendiri dikatagorikan warna biru muda, Hurup sambung awal dikatagorikan warna merah, Hurup sambung tengan dikatagorikan dengan warna hijau, hurup sambung akhir dikategorikan dengan warna kuning, sedangkan untuk harokat dan titik dikatagorikan dengan warna merah muda.


Ukuran : Model Prototype

Matrial : Plastik bermagnet

Harga : Rp. 25.000.00,-

        1. Puzle Kayu Dzikrullah

Mengingat Allah setiap waktu, bertasbih kepadanya, bertakbir kepadanya, karena dengan hanya mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Begitulah pesan yang ingin disampaikan puzzle dzikrullah ini.


Ukuran : 29 x 21 cm

Umur : 5 tahun keatas

Harga : Rp. 26. 000,-

Isi : Satu keping


  1. Strategi Pemasaran

Dalam segi pemasaran perusahaan kami yang bergerak dalam bidang Edu Toys, kami berupaya bagaimana supaya produk kami lebih cepat dikenal oleh sasaran yang kami tuju, kami menggunakan media berbentuk Liflet, mendirikan Stand, media internet, dan langsung personal selling.

        1. Liflet

Liflet merupakan amunisi marketing yang sangat efektif. Karena liflet mudah dibagikan, dengan demikian informasi akan cepat tersebar luas. Dengan liflet masyarakat akan mudah memahami maksud dan tujuan kita, karena liflet merupakan media visual. Dengan disain yang menarik serta penyebarannya yang tepat, kami yakin strategi akan berhasil.

Liflet yang kami buat berukuran 25x17 cm, bolak-balik, dan full color biar menarik. Anggaran kami Rp. 400.000,- untuk satu rim pembuatan. Kami rencanakan tiga kali penyebaran enam bulan sebanyak satu rim.

Sasaran penyebaran liflet :

  1. Sekolah : SD, TK dan Play Group se Jogja.

  2. Pameran buku.

  3. Pengajian Majlis Taklim.

  4. TPA

  5. Taman pintar


        1. Kartu Nama

Pembuatan kartu nama, walupun sepele tetapi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang marketing dan sangat menunjang dalam pemasaran. karena kartu nama merupakan media yang memungkinkan untuk disimpan dan cukup lama disimpan orang. Berbeda dengan brosur atau pamphlet yang mudah dibuang orang.

Biaya yang kami anggarkan sebesar Rp. 22.000,- x 3 : Rp. 66.000,-


3. Stand Pameran

Dalam rangka mengenalkan produk kami di masyarkat, sekaligus juga lounching produk. Maka kami kami akan berpatisifasi dalam pameran dengan menyewa sebuah stand. Sebagai contoh pameran di Wanita tama. Baik itu pameran Muslim Fair, pameran buku, juga pameran dalam rangkaian acara ormas. Kami merencanakan mengikuti pameran tiga kali dalam setahun.

Kami memilih sarana pemasaran ini, karena mengingat setiap penyelenggaraan pameran selalu diramaikan pengunjung. Baik itu pengunjung yang benar-benar membeli barang, pengunjung yang mencari peluang bekerjasama bisnis, bahkan pengunjung yang sekedar main saja.

Biaya yang kami anggarkan adalah untuk berartisifasi dalam pameran adalah Rp. 2.500.000,- dalam setiap pamerannya.



4. Internet

Fasilitas internet merupakan media yang sangat cocok dan tepat sebagai media promosi, karena di sini terdapat semua informasi yang diinginkan, oleh karena itu kami perusahaan dalam bidang Edu Yoys, masih menggunakan Blog dalam pemasaran seperti Bloger.

5. Personal Selling.

Dalam hal personal selling ini, kami langsung memasarkan pada sasaran kami yaitu, sekolah SD, TK dan Play group, disini kami langsung memperkenalkan produk kami, secara detil, dengan beinteraksi langsung kepada muridd-murid dan guru pada sekolah yang kami kunjungi, dalam pemasaran kami, system langsung personal selling sangat memberikan kontribusi yang memuaskan terhadap kami.


6. Outlet Penjualan

Dalam hal ini kami belum mempunyai show room atau toko sendiri. Dikarenakan biaya dan usia perusahaan kami yang masih baru. Oleh karenanya untuk pemasaran produk kami bekerjasama dengan outlet-outlet yang berada di Jogjakarta.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label, dengan sistem penjualan Konsinyasi.


Daftar rencana outlet penjualan :

  1. Nada Nurani

  2. Pamela Swalayan

  3. Karita

  4. Toga Mas

  5. Rabbani



7. Agen Distributor.

Dalam rangka meluaskan pemasaran produk kami, maka kami membuka peluang kerjasama dengan para agen distriburor yang ingin memasarkan produk kami di luar Jogja.

Penawaran yang kami berikan berupa potongan harga 20 -30 % dari harga penjualan/ label.

Untuk rekrutmen agen distributor, kami menerima siapa saja yang mau menjadi agen. Dengan mengikuti perjanjian dan persyaratan kami.

Penutup.

Demikianlah rancangan komunikasi bisnis, yang kami bangun untuk memperkenalkan produk kami yang berperan di bidang Edu Toys, di tengah-tengah pasar, dengan tujuan untuk, pendidikan generasi Islam yang saat ini dan yang akan datang.

Karena kurangnya produk mainan anak yang dapat mentransfer nilai-nilai Islam menjadi motifasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi menghasilkan mainan yang Islami dan bermanfaat.



Lampiran

  1. Produk-produk ABI

























  1. Liflet















































1 komentar:

mohon bisa dikimkan alamat website resmi abi maenan edukasi.
untuk bisa menjadi agen dimana saya bisa menghubungi.
makasih
herman.setiyadi@yahoo.com.sg

17 November 2010 pukul 22.52  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda